Kamis, 08 November 2012

Cara Mengganti Format Huruf/Font Calibri (Default) Di Microsoft Word 2007

Saat memulai membuat dokumen menggunakan Microsoft Word 2007 anda bisa melihat bahwa ketikan atau tulisan di dalam dokumen menggunakan jenis font Calibri sebagai jenis font default yang dipakai dalam dokumen. Bila anda tidak menyukai font Calibri atau juga mungkin karena aturan formal penulisan dokumen pada intitusi, anda bisa menggantinya dengan jenis font yang lain, misalkan Times New Roman, Arial, Tahoma, atau jenis font yang lainnya. Sehingga ketika anda membuat sebuah dokumen baru, anda tidak perlu mengganti terlebih dahulu font yang ada menjadi Times New Roman atau yang lainnya. Untuk mengganti jenis dan ukuran font default yang biasa dipakai di Microsoft Word anda bisa melakukannya dengan langkah berikut. 
  1. Buka menu ribbon home
  2. Pada grup styles, cari style Normal lalu klik kanan pada style tersebut
  3. Pada popup menu yang muncul, klik item modify
  4. Gambar: Cara merubah font style normal sebagai font default dokumen Microsoft Word
  5. Selanjutnya pada dialog Modify Style ganti jenis huruf (font) serta ukurannya. Misalkan font diganti dengan Tahoma dengan ukuran 12 poin. Bila perlu gantikan pula warna huruf default pada dokumen anda menjadi Dark Blue atau warna lain pilihan anda.
  6. Kemudian pada bagian bawah dialog, pilih opsi New documents based on this template.
  7. Setelah itu klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi font dokumen anda.
  8. Huruf yang ada dalam dokumen anda akan langsung diganti sesuai dengan pilihan anda. Selain itu, bila anda membuat dokumen baru maka akan digunakan jenis dan warna font yang telah anda pilih, font tahoma, ukuran 12 poin, warna Dark Blue.
  9. Gambar: Cara merubah font style normal sebagai font default dokumen Microsoft Word

Tidak ada komentar: